Jumat, 12 Agustus 2011

anime! gake no ue no ponyo

ponyo adalah ikan emas yang tinggal didalam akuarium milik ayahnya diistana didasar laut. suatu saat ponyo dan saudari2nya diajak oleh ayahnya fujimoto. ponyo yang bermain terlalu dekat dengan pantai ditangkap oleh seorang anak laki2 berumur 5tahun bernama sosuke. saat menangkap ponyo jarinya terluka dan darahnya tertelan oleh ponyo. sosuke menyukai ikan emas tangkapannya.
fujimoto yang kehilangan putrinya berusaha mencarinya dan mengira bahwa ponyo diculik pleh manusia sehingga fujimoto mensummon ombak untuk membawa ponyo kembali.
kepergian ponyo membuat sosuke merasa sedih, sehingga ibunya (lisa) berusaha menghiburnya. begitupula ponyo yang sudah terlanjur menyukai sosuke mengatakan niatnya ingin menjadi manusia pada fujimoto. fujimoto yang marah mengurung ponyo. tetapi karena telah menelan darah manusia ponyo pun mulai berlahan-lahan berubah menjadi manusia dan dengan bantuan saudari-saudarinya berhasil kabur dan menemui sosuke. karena menggunakan sihir dalam jumlah yang besar untuk lepas dari sihir ayahnya, tanpa disadari oleh ponyo dia menyebabkan gelombang tsunami yang sangat besar. dengan bantuan gelombang itulah ponyo menemui sosuke.
karena tsunami, seluruh kota terendam oleh air, lisa yang belum kembali dari kunjungannya ke panti jompo membuat sosuke merasa cemas. dengan bantuan sihir dari ponyo, sosuke menjelajahi seluruh kota yang telah terendam air untuk menemukan lisa.
sementara itu panti jompo tempat lisa berada telah tenggelam terendam air, tetapi karena sihir dari fujimoto, panti jompo itu dilindungi oleh gelembung udara yang sangat besar. dipanti jompo tersebut lisa bertemu dengan granmamare (goddes s of mercy) yang merupakan ibu dari ponyo. granmamare mengatakan pada fujimoto dan lisa bahwa dunia sedang megalami kehancuran karena orbit planet mengalami kekacauan, bintang-bintang mulai berjatuhan. granmamare menguji sosuke dan ponyo. jika mereka berhasil melalui ujian tersebut maka dunia dapat diselamatkan dan ponyo dapat berubah menjadi manusia, tetapi jika gagal maka ponyo harus kembali kelaut.
setelah bertualang menjelajah seluruh kota, ponyo pun mulai kelelahan dan berubah menjadi ikan emas. sosuke berusaha menolong ponyo dan pada akhirnya berhasil bertemu dengan lisa dan granmamare. granmamare pun mengajukan sebuah pertanyaan pada sosuke. apakah sosuke dapat mencintai ponyo tanpa melihat wujud ponyo sebagai ikan emas ataupun manusia. sosuke pun menjawab bahwa dia mencintai ponyo apa adanya, baik sebagai ikan emas dan juga sebagai manusia.
akhirnya air pun mulai surut, warga kota dapat diselamatkan, dan setelah sosuke mencium ponyo, ponyo berubah menjadi manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar