Selasa, 15 Maret 2011

pancake....round 2

 choco banana frosty pancake
q masih dalam mode penasaran : on sama yang namanya pancake...kalo kemarin q bikinnya pake tepung pancake siap saji (tinggal nambah telur dan air) nah q tadi nyoba bikin bener2 dari awal. ternyata ga seribet yang q bayangkan....bahannya juga cuma tepung terigu 120 gram, susu 300 ml, baking powder 2 sdt, mentega 20 gram (dicairkan), garam secukupnya dan 1 butir telur.
cara bikinnya juga ga ribet kok...jadi jangan takut nyoba bikin pancake sendiri...
qta cuma perlu mencampur tepung terigu dengan baking powder (sisihkan), campur telur dan susu, kemudian masukkan campuran tepung terigu ke dalam campuran susu. diaduk sampai rata, masukkan mentega cair dan diaduk rata, masukkan garam, aduk lagi lalu diamkan beberapa menit sampai mengembang. lalu ambil adonan dengan sendok sayur, tuang diatas teflon, panggang dengan api sedang sampai matang. setelah itu tinggal qta kasih topping sesuai selera...
nah untuk hari ini q coba kasih topping selai cokelat, irisan pisang dan taburan gula halus...yum...yum...makanya pancake ini q kasih nama choco banana  frosty pancake. rasanya bener2 manis....sementara pancakenya sendiri gurih...
oh iya.......
tepung terigu dan baking powdernya jangan lupa diayak dulu pake saringan biar ga ada yang menggumpal.
waktu ngaduk bahan adonan sebaiknya pake mixer biar adonannya ngembang, terus waktu dipanggang di teflon pancakenya ada lubang2 udaranya. q tadi ngaduknya cuma pake tangan jadi ga ngembang. waktu dipanggang juga ga ada lubang2 udaranya, akhirnya adonanny q aduk lagi...eh hasilnya trus ada lubang2 udaranya waktu dipanggang.
terus waktu manggang kan pake teflon jadi kalo adonannya ga lengket/nempel di teflon ga usah pake margarin/mentega. karena kalo kebanyakan nanti malah pancakenya jadi basah, warnanya dan bentuknya juga jadi ga bagus.
**itadakimasu.....**

8 komentar:

  1. Wah, aku ra dijatah toh kuwi mi...

    BalasHapus
  2. wkwkwk...harap maklum...orang rumah banyak bgt e..ya kalo mo q bikinin deh...tapi kapan y..??ntar sekalian yayanknya diajakin juga.

    BalasHapus
  3. ntar kalo pao2 ke jogja,kalo sempet qta bikin pancake...

    BalasHapus
  4. wkwkwk...ato malah pao2 yang bikinin q pancake...

    BalasHapus