Minggu, 15 Mei 2011

c.m.b

manga c.m.b ini ato judul aslinya c.m.b-shinra hakubutsukan no jiken merupakan hasil karya dari motohirou katou. mangaka yang sama yang menciptakan manga Q.E.D shomei shuryo. bisa dibilang cmb ini adalah adik dari manga QED karena tokoh utama di cmb juga masih merupakan sodara sepupu dari tokoh utama di QED (touma sou) dan disuatu kasus mereka pernah bertemu dan memecahkan kasus bersama. jika di QED qta diajak untuk memecahkan kasus dengan latar belakang ilmu pasti (matematika, fisika,kimia,dll) nah di cmb ini mengusung tema yang berbeda yaitu sejarah.
pada era penjajahan, para petualang yang mengarungi dunia membawa barang2 yang unik yang ditemukan dari belahan dunia yang lain, nah barang2 yang unik tersebut biasanya dikumpulkan oleh para bangsawan didalam sebuah kamar yang disebut sebagai wunderkammer (kamar keajaiban). ini adalah awal mulanya didirikan museum. pada abad ke 19 barang2 antik tersebut diteliti lebih serius lagi atas perintah ratu inggris. untuk memimpin penelitian terssebut dipilihlah 3 ilmuwan yang dianggap terbaik dan dianugerahi 3 cincin yang memiliki simbol C,M dan B. secara turun temurun cincin tersebut diwariskan kepada para penerusnya yang dipilih langsung oleh ketiga ilmuwan tersebut. setelah beberapa generasi dikisahkan ketiga ilmuwan tersebut menyerahkan cincinnya kepada seorang anak laki2 berkebangsaan jepang. anak laki2 tersebut adalah anak dari seorang arkeolog yang cukup terkenal, karena suatu insiden akhirnya dia kehilangan orangtuamya. ketiga ilmuwan pemegang cincin C,M,B memutuskan untuk menganggkat anak tersebut menjadi anak asuhnya dan karena kejeniusannya ketiga cincin tersebut diwariskan kepadanya. suatu saat anak tersebut (sakaki shinra) memutuskan untuk hijrah ke jepang dan membuka museumnya sendiri. karena suatu kasus shinra bertemu dengan nanase tatsuki (putri dari inspektur polisi yang cukup terkenal). sebagai imbalan atas bantuan shinra dalam memecahkan kasus nanase pun meminta ayahnya untuk menyekolahkan shinra disekolah yang sama dengannya. sejak saat itu shinra dan nanase selalu bersama-sama dalam memecahkan berbagai macam kasus yang selalu berhubungan dengan benda bersejarah. sebagai imbalan untuk menolong menyelesaikan suatu kasus biasanya shinra meminta barang bersejarah itu untuk disimpan dimuseumnya.
manga ini ga ngebosenin...temanya tentang cerita detektif yang aq suka bgt.....selain itu dengan membaca manga ini pengetahuan qta tentang sejarah didunia pun akan bertambah, jadi nyenengin bgt kan ngebaca manga ini plus dapat bonus ilmu pengetahuan sejarah. kalo dibandingin dengan toma di QED karakter shinra di manga ini berbeda bgt karena di manga ini digambarkan walopun shinra anak yang jenius dia tetaplah anak kecil yang telah kehilangan ibunya dan tinggal jauh, seorang diri dari ketiga ayah angkatnya, sehingga shinra masih terlihat polos, kadang2 kekanak2an, keras kepala apalagi kalo menyangkut masalah ibunya dia bisa menangis tersedu2 kalo ingat ma alm ibunya.di indonesia manga ini diterbitkan oleh penertbit elex media, sampai sat ini udah sampai vol ke 15 dan masih terus berlanjut lo...jadi tambah penasaran ma cerita lanjutannya ni...bener2 ga sabar deh.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar