Rabu, 25 Mei 2011

umineko no naku koro ni/when the seagulls cry

disebuah pulau pribadi berdirilah sebuah mansion mewah. mansion tersebut adalah mansion milik seorang bangsawan yang sangat berpengaruh, kekayaannya tersebar luas diseluruh jepang. dahulu kala kepala keluarga bangsawan tersebut, yaitu kinzo ushiromiya membuat perjanjian dengan seorang penyihir bernama beatrice (golden witch), dengan menjual nyawanya dan keluarganya dia akan mendapatkan sejumlah emas.

kini dokter pribadi keluarga mendiagnosis bahwa umur kinzo hanya bertahan 3 bulan saja. oleh karena itu kinzo mengumpulkan semua anak2nya dan juga cucu2nya di mansion tersebut. sebelum mati kinzo yang mencintai beatrice berusaha dengan berbagai macam cara untuk bertemu dengannya waloupun harus mengorbankan banyak nyawa. saking cintanya pada beatrice, kinzo pun memajang lukisan beatrice disertai dengan epitaph (tulisan dibatu nisan) dibawahnya.
setelah anak dan cucunya berkumpul, kinzo malah tidak mau menemui mereka. tiba2 maria (cucu kinzo) ditemukan ditengah taman bunga pada saat hujan deras sambil memegang payung, dia berkata kalau payung tersebut adalah milik beatrice. sayangnya tidak ada yang mempercayai maria (jessica, george dan battler, yaitu cucu kinzo yang lain) juga menganggap bahwa maria hanya bercanda, karena maria sangat menyukai penyihir.
setelah jamuan makan malam selesai maria membacakan surat dari beatrice, isinya menyatakan bahwa para penghuni mansion harus memecahkan teka teki yang tertera di epitaph untuk menuju ke golden island, jika mereka gagal maka beatrice akan mengambil semua aset keluarga ushiromiya, termasuk nyawa mereka. sekali lagi para penghuni mansion tidak mempercayai maria.
pagi harinya terjadi hal yang mengejutkan, 6 orang penghuni mansion terbunuh dengan cara yang sadis. hal itu tidak berhenti begitu saja, karena beberapa saat kemudian terjadi pembunuhan2 lagi yang menyebabkan para penghuni yang masih selamat saling mencurigai satu sama yang lain. saat itulah battler bertekad untuk menemukan siapa tersangka pembunuhan keji tersebut.
setelah tinggal battler yang tersisa, tiba2 muncul penyihir perempuan yang mengaku bernama beatrice. battler yang tidak mempercayai penyihir berkata pada beatrice bahwa peristiwa pembunuhan tersebut bisa dijelaskan dengan logika dan tersangkanya adalah manusia bukan penyihir. beatrice kemudian menantang battler untuk memecahkan kasus pembunuhan tersebut dengan cara mengulang kejadian pembunuhan tetapi dengan kasus yang berbeda. jika battler gagal membuktikan bahwa pelakunya bukan penyihir maka  beatrice akan membangkitkan semua penghuni mansion dan mengulang lagi peristiwa pembunuhan tersebut. pada saat itulah dimulai siklus pembunuhan yang berulang2 di mansion tersebut.

anime ini temanya dark bgt, dengan unsur misteri dan fantasy. sayangnya ceritanya terasa panjang dan lama, ada beberapa adegan yang terkesan membosankan tapi ada juga beberapa adegan yang menurut aq cukup seru. karena ada unsur fantasy nya sehingga kasusnya pun tidak mudah untuk dipecahkan, jalan ceritanya benar2 ga bisa ditebak. karakter animenya juga terlalu banyak, apalagi disetiap beberapa episode akan muncul lagi karakter2 yang baru (jadi tambah banyak...jadi bingung....) ngelihat anime ini harus dengan konsentrasi penuh. alurnya juga kadang bikin bingung, karena alur waktunya kadang maju, kadang mundur, kadang meloncat ke masa depan. karena adegan pembunuhannya lumayan sadis dan berdarah2 ga disarankan buat ditonton ma anak kecil. yang bikin sebel, setelah ngeliat sampai 26 episode, hiks ternyata endingnya nanggung......T^T kayanya bakal ada season 2 nya deh. karena q denger2 kalo anime ini sebenarnya diadaptasi dari game dan digamenya sendiri tuh ada 3 season (weleh gubrak.......)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar